FTMM Unair Bantu Petani Hidroponik dengan Teknologi Smart Farming

FTMM Unair Bantu Petani Hidroponik dengan Teknologi Smart Farming

PASURUAN - Tim pengabdian masyarakat Fakultas Teknologi Maju dan Multidisiplin Universitas Airlangga (FTMM Unair) berhasil menciptakan teknologi Smart farming pertanian hidroponik terpadu.

Produk sayuran hidroponik yang dibudidayakan adalah pakcoy dan selada. Program tersebut dilaksanakan di Dusun Karangploso, Kecamatan Gempol, Kabupaten Pasuruan.

Rizki Putra Prastio, sebagai salah satu inisiator menuturkan bahwa ide tersebut bermula ketika membaca artikel dosen Teknik Elektro FTMM Unair Prisma Megantoro, S.T., M.Eng. “Awalnya saya tahu Pak Prisma pernah menulis artikel ilmiah tentang monitor hidroponik. Kemudian ada lowongan proposal pengmas, saya dapat ide bagaimana kalau sistem tersebut sekalian kita implemetasikan di lapangan, ” tuturnya, Kamis (29/7/2021)

Instalasi hidroponik warga yang masih terbuka juga menjadi alasan dilaksanakannya program. Hal itu mengakibatkan nutrisi yang dihasilkan pertanian tersebut tercampur air hujan sehingga memengaruhi kualitas.

“Akhirnya saya diskusi dengan Pak Prisma bagaimana kalau kita implementasikan ini ke para petani hidroponik di Komunitas Hidroponikkoe, ” ungkap Tio, sapaan karibnya.

Teknologi Smart Farming dilengkapi dengan atap plastik. Sehingga, tanaman dapat terlindung dari air hujan. “Jadi kualitasnya tetap terjaga, ” tutur Tio. Selain itu, Smart Farming juga disertai dengan growlight atau lampu perangsang pertumbuhan. Tujuannya agar tanaman tetap tumbuh pada malam hari sehingga waktu panen bisa lebih cepat.

Memanfaatkan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) berkapasitas 900 Wp, instalasi hidroponik tersebut mempunyai sumber listrik mandiri yang tidak terbatas dan terpisah dari listrik PLN. Dengan begitu, proses pertanian dapat meningkat melalui produktivitas hidroponik tersebut.

Selain pembangunan PLTS utuk listrik mandiri, empat instalasi hidroponik pada proyek pengmas itu juga mengimplementasikan perangkat monitor online melalui internet of things (IoT). Perangkat tersebut diberi nama Airlangga Sahabat Petani Hidroponik (Arsenik). Perangkat monitoring yang terpasang pada instalasi hidroponik terkoneksi dengan jaringan internet, sehingga petani dapat memantau kondisi air nutrisi dimana saja melalui ponsel.

Progres Smart Farming FTMM Unair Secara teknis, perjalanan Smart Farming dimulai sejak pertengahan Juni 2021. Kini, program tersebut hampir rampung 100 persen. Hal itu dapat dicapai melaui sinergi kerja tim Prisma dan Tio sebagai dosen pembimbing, bersama dengan 10 mahasiswa yang sebagian adalah anggota komunitas riset IMERCY (instrument research community).

Sementara itu, Prisma, mengatakan bahwa, kini proses yang akan segera dilakukan adalah memasang prototipe di lapangan. “Kalau teknisnya tinggal memasang saja, tapi kan, masih ada sosialisasi dan edukasi ke masyarakat tentang operasional dan penggunaan secara maintenancenya (pemeliharaan, Red). Karena memang PLTS maupun perangkat monitoringnya akan dikelola sendiri oleh masyarakat, terutama komunitas hidroponik itu, ” jelas Prisma.

Terkait dengan kendala dalam program tersebut, Prisma menuturkan bahwa pandemi dan penyekatan jalan menjadi halangan utama. Perubahan harga barang juga menjadi salah satu kendala.

Prisma berharap, program tersebut dapat mempromosikan FTMM dan Unair pada masyarakat luas. Melalui program yang banyak berkontribusi kepada masyarakat, Prisma juga berharap agar Unair tidak hanya populer di masyarakat dengan bidang medical science-nya saja, tapi juga bidang teknologi maju dan energi terbarukan. (MC Diskominfo Prov Jatim/non-mad)

UNAIR PASURUAN JATIM
WartaKampus.com

WartaKampus.com

Related Posts

Peringkat

Profle

Alamsyah putra

Fahrizal Siagian Siregar

Fahrizal Siagian Siregar

Postingan Bulan ini: 1

Postingan Tahun ini: 6

Registered: Apr 7, 2021

WartaKampus.com

WartaKampus.com

Postingan Bulan ini: 0

Postingan Tahun ini: 33

Registered: Jul 30, 2020

Yandi Arief

Yandi Arief

Postingan Bulan ini: 0

Postingan Tahun ini: 0

Registered: Sep 6, 2020

Narsono Son

Narsono Son

Postingan Bulan ini: 0

Postingan Tahun ini: 4

Registered: Sep 20, 2020

Profle

Alamsyah putra

FH UISU Siap Ciptakan Sarjana Islami, Andal Teruji, Profesional Serta Kompetensi Dengan Program Kampus Merdeka

Follow Us

Recommended Posts

Walikota Batu Kukuhkan Paskibra Kota Batu 2021
Kemendikbudrisrek Luncurkan Program Sertifikasi Dosen 2021
Pemkot dan Polres Kota Batu Gelar Vaksinasi Merdeka Semeru untuk Penyandang Disabilitas
Antusias Mahasiswa baru STKIP PGRI Nganjuk ikuti PPKMB secara Daring
Mudahkan Pencarian Korban di Jalur Pendakian, Mahasiswa ITS Gagas SACKER